RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : S M P ...........
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester : VIII / II
Alokasi waktu : 1 X 40 ( 4
x Pertemuan )
Standar Kompetensi
5. Memahami
peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
5.5. Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
1.
Menemukan hubungan antara gaya, tekanan, dan luas
daerah yang dikenai gaya melalui percobaan.
2.
Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan dalam
kehidupan sehari-hari.
3.
Mendeskripsikan hukum Pascal dan hukum Archimedes
melalui percobaan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Menunjukkan
beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan konsep
benda terapung, melayangdan tenggelam.
5.
Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat, cair,
dan gas pada peristiwa alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah sehari-
hari).
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik
dapat:
1.
Menjelaskan pengertian tekanan.
2.
Menyelidiki kaitan antara luas permukaan benda
dengan tekanan.
3.
Menyelidiki kaitan antara massa benda dengan
tekanan.
4.
Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi
tekanan.
5.
Menghitung besarnya tekanan yang diberikan suatu
benda.
6.
Menjelaskan aplikasi konsep tekanan dalam
kehidupan sehari-hari.
7.
Menjelaskan tekanan dalam zat cair.
8.
Mengamati sifat tekanan dalam zat cair.
9.
Menyebutkan sifat-sifat tekanan dalam zat cair.
10. Menentukan
tekanan zat cair.
11. Mengamati
posisi permukaan zat cair dalam bejana berhubungan.
12. Menjelaskan
pemanfaatan sifat permukaan zat cair yang selalu mendatar dalam kehidupan
sehari-hari.
13. Mengamati
tinggi permukaan zat cair dalam pipa U.
14. Menjelaskan
hubungan antara massa jenis dan tinggi zat cair dalam pipa U.
15. Menyebutkan
bunyi hukum Pascal.
16. Menjelaskan
prinsip mesin penghasil gaya hidrolik.
17. Menyebutkan
peralatan yang menggunakan prinsip mesin penghasil gaya hidrolik.
18. Menyebutkan
bunyi hukum Archimedes.
19. Menyelidiki
dan menentukan besar gaya angkat.
20. Menjelaskan
konsep tenggelam, melayang, dan terapung.
21. Menjelaskan
pengaruh massa jenis pada peristiwa tenggelam, melayang, dan terapung.
22. Menyebutkan
pemanfaatan gaya Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.
23. Mendemontrasikan
adanya tekanan udara.
24. Mengukur
tekanan udara.
25. Menyebutkan
jenis-jenis barometer.
26. Menjelaskan
hubungan antara ketinggian suatu tempat dengan perbedaan tekanan udara.
27. Menjelaskan
tekanan gas dalam ruang tertutup.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
(Discipline)
Rasa hormat dan perhatian (respect)
Tekun(diligence)
Tanggung jawab (responsibility )
Ketelitian (carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Tekanan
C. Metode Pembelajaran1
1.
Model : -
Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning tipe TPS
2.
Metode :
- Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
-
Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Mengapa ketika mendaki gunung telinga kita akan terasa sakit?
-
Bagaimana cara memperbesar tekanan suatu benda?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan tekanan?
-
Faktor apakah yang mempengaruhi besarnya tekanan?
·
Pra eksperimen:
-
Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F
Peserta didik dapat Menjelaskan pengertian
tekanan.
F
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai faktor-faktor
yang mempengaruhi tekanan dan menentukan
rumusannya.
·
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian tekanan.
F
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mengambil sebuah batu bata yang masih utuh dan tiga buah kubus yang ukurannya
persis sama tetapi terbuat dari bahan yang berbeda (besi, alumunium, dan kayu).
F
Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen menyelidiki kaitan antara luas permukaan dan massa benda
dengan tekanan
F
Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan
eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F
Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta
didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta
didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan.
F
Peserta didik memperhatikan contoh soal
menentukan tekanan dari suatu benda yang disampaikan oleh guru.
F
Guru memberikan beberapa soal menentukan tekanan
dari suatu benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
F
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah
sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F
Peserta didik dalam setiap kelompok
mendiskusikan aplikasi konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
F
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal.
F
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta
didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
·
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi
untuk membuat rangkuman.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Mengapa pada kaleng ringsek yang diisi air dan dilubangi, air akan keluar
dari setiap lubang?
-
Bagaimana cara menentukan tekanan dalam zat cair?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah sifat-sifat tekanan dalam zat cair?
-
Faktor apakah yang mempengaruhi tekanan dalam zat cair?
·
Pra eksperimen:
-
Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik dapat Menjelaskan tekanan dalam
zat cair.
F
Peserta didik dapat Mengamati sifat tekanan
dalam zat cair.
F
Peserta didik dapat Menyebutkan sifat-sifat
tekanan dalam zat cair.
F
Peserta didik dapat Menentukan tekanan zat cair.
F
Peserta didik dapat Mengamati posisi permukaan
zat cair dalam bejana berhubungan.
F
Peserta didik dapat Menjelaskan pemanfaatan
sifat permukaan zat cair yang selalu mendatar dalam kehidupan sehari-hari.
·
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok.
F
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan tekanan dalam zat cair.
F
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk
mengambil alat hartl, wadah yang cukup besar dan dalam serta air secukupnya.
F
Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen mengamati sifat tekanan dalam zat cair
F
Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan
eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F
Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta
didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta
didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat
langsung memberikan bimbingan.
F
Peserta didik diminta untuk membuat kesimpulan
dari eksperimen yang telah dilakukan.
F
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal.
F
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta
didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
menentukan tekanan dalam zat cair.
F
Peserta didik memperhatikan contoh soal
menentukan tekanan dalam zat cair yang disampaikan oleh guru.
F
Guru memberikan beberapa soal menentukan tekanan
dalam zat cair untuk dikerjakan oleh peserta didik.
F
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah
sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi
untuk membuat rangkuman.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Mengapa pancuran teko tidak boleh lebih rendah daripada posisi
tutupnya?
-
Apakah yang terjadi jika pipa U diisi dengan dua zat cair yang tidak bercampur?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah manfaat sifat permukaan zat cair yang selalu mendatar?
-
Bagaimana hubungan antara massa jenis dan tinggi zat cair dalam
pipa U?
·
Pra eksperimen:
-
Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.
b. Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Peserta didik dapat Mengamati tinggi permukaan zat cair dalam
pipa U.
F
Peserta didik dapat Menjelaskan hubungan antara massa jenis dan
tinggi zat cair dalam pipa U.
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan
di laboratorium, studio, atau lapangan.
·
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
Peserta didik melakukan eksperimen dengan
menggunakan sebuah bejana berhubungan, air, minyak goreng, dan spiritus
secukupnya.
F
Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen mengamati posisi permukaan zat cair dalam bejana
berhubungan
F
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
menentukan hubungan antara massa jenis dan tinggi zat cair dalam pipa U.
F
Peserta didik memperhatikan contoh soal
menentukan massa jenis zat cair yang dimasukkan dalam pipa U yang disampaikan
oleh guru.
F
Guru memberikan beberapa soal menentukan massa
jenis zat cair yang dimasukkan dalam pipa U untuk dikerjakan oleh peserta
didik.
F
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
·
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
·
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
·
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
PERTEMUAN
KEEMPAT
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Mengapa ketika berada di dalam air kita merasakan sakit pada mata?
- Bagaimana kalau kamu berjalan di dalam air
kolam terasa lebih ringan atau justru lebih berat?
-
Mengapa sewaktu berenang kamu dapat mengambang, melayang, atau tenggelam?
-
Mengapa di wilayah dataran tinggi kadar oksigennya menipis?
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Sebutkan bunyi hukum Pascal.
-
Sebutkan bunyi hukum Archimedes.
- Bagaimana konsep suatu benda
dikatakan tenggelam, melayang, dan terapung?
- Bagaimana hubungan antara
ketinggian suatu tempat dengan perbedaan
tekanan udara?
·
Pra eksperimen:
-
Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.
b.
Kegiatan Inti
·
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan pengaruh massa jenis pada peristiwa
tenggelam, melayang, dan terapung.
F
Menyebutkan pemanfaatan gaya Archimedes dalam
kehidupan sehari-hari.
F
Mendemontrasikan adanya tekanan udara.
F
Mengukur tekanan udara.
F
Menyebutkan jenis-jenis barometer.
F
Menjelaskan hubungan antara ketinggian suatu
tempat dengan perbedaan tekanan udara.
F
melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F
melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan
di laboratorium, studio, atau lapangan.
·
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
·
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator
dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan
menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang
kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
·
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
·
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
E. Sumber Belajar
Bahan ajar, LKS
dan LDS
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menemukan hubungan antara gaya, tekanan, dan
luas daerah yang dikenai gaya melalui percobaan
·
Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan
dalam kehidupan sehari-hari
·
Mendeskripsikan hukum Pascal dan Hukum
Archimedes melalui percobaan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
·
Menunjukkan
beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan
konsep benda terapung, melayang dan tenggelam
·
Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat,
cair, dan gas pada peristiwa alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah
sehari- hari)
|
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes tulis
|
Uji petik kerja prosedur dan produk
Tes isian
Uji petik kerja prosedur
Tes Uraian
Tes isian
|
Lakukan percobaan untuk menemukan konsep tekanan !
Sebutkan contoh peristiwa dalam kehidupan
sehari-hari berdasarkan prinsip bejana berhubungan.
Lakukan percobaan untuk menemukan konsep hukum
Pascal dan Hukum archimides.
Kelompokkan alat-alat yang prinsip kerjanya
berdasarkan hukum Pascal ?
Mengapa tanggul di tepi sungai pada bagian bawah
dibuat agak lebih kuat dari pada
bagian atas ?
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel Ilmu
Pengetahuan Alam
(_______________________)
NIP/NIK :
|