Silabus
Sekolah : SMP ..............................
Kelas / Semester : VIII
(Delapan) / II (Dua)
Mata Pelajaran : IPA FISIKA
Standar Kompetensi : 5. Memahami peranan
usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Indikator
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.5 Menyelidiki tekanan pada
benda padat, cair, dan gas serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tekanan
|
1. Menemukan
hubungan antara gaya, tekanan, dan luas daerah yang dikenai gaya melalui
percobaan.
2. Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan
dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Mendeskripsikan hukum Pascal dan hukum
Archimedes melalui percobaan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.
Menunjukkan beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari
sehubungan dengan konsep benda terapung, melayangdan tenggelam.
5.
Mengaplikasikan konsep tekanan
benda padat, cair, dan gas pada peristiwa alam yang relevan (dalam
penyelesaian masalah sehari- hari).
|
1.
Melakukan percobaan tentang tekanan sampai menemukan konsep tekanan.
2.
Melakukan percobaan bejana berhubungan.
3.
Melakukan percobaan tentang
hukum Pascal dan hukum Archimides.
4.
Mencari informasi melalui
lingkungan mengenai alat-alat yang
prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal dan hukum Archimides.
5.
Studi lapangan untuk menemukan
konsep tekanan.
|
Tes unjuk kerja
Tes
tertulis
Tes unjuk kerja
Tes
tertulis
Tes tertulis
|
Uji petik kerja prosedur
Tes isian
Uji petik kerja prosedur
Tes uraian
Tes isian
|
Eksperimen menyelidiki
kaitan antara luas permukaan dan massa benda dengan tekanan (Kegiatan 3.1 h.60, dan
Kegiatan
3.2 h. 60).
Permukaan air bendungan harus lebih tinggi dari permukaan sawah yang
akan dialiri. Prinsip yang digunakan adalah ....
a. hukum Pascal
b. hukum Archimedes
c. efek bejana berhubungan
d. efek kapilaritas
Eksperimen menyelidiki besar gaya angkat
(Kegiatan 3.8 h.72)
Mengapa sebuah kapal selam dapat mengapung,
melayang, dan tenggelam?
Pada kedalaman yang sama, tekanan di dalam air
sungai lebih kecil daripada tekanan di dalam air laut karena ....
|
10x40’
|
Bahan
Ajar, LKS. LDS
|
Kupang, Februari 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
_____________________ _____________________
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar